Jajaran Orang Sukses yang Tak Pernah Lulus Kuliah

Dibandingkan menuntut ilmu setinggi langit, banyak pemuda yang kini lebih memilih mendirikan bisnis sendiri. Tak heran, banyak siswa yang akhirnya berhenti kuliah agar bisa fokus pada bisnis dan mencetak uang sendiri.
Meski tak bisa dipungkiri bahwa pendidikan sangat penting, banyak juga siswa yang berpikir bahwa kuliah hanya membuang waktu. Menurut kebanyakan darinya, berbisnis akan memberikan ilmu yang sesungguhnya.


Tak heran, banyak pemuda tanpa gelar sarjana akhirnya dapat menjadi pengusaha sukses bahkan miliarder. Di Indonesia, sosok fenomenal Susi Pudjiastuti kini menjadi sorotan. Pengusaha di bidang perikanan dan penerbangan ini baru-baru ini didapuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan. Padahal Susi hanya memiliki ijazah Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Tak hanya Susi, ternyata ada sejumlah miliarder sukses dunia yang tak pernah lulus sekolah menengah dan perguruan tinggi. Berikut lima diantaranya seperti dikutip dari Business Insider, Rabu (29/10/2014):
Mark Zuckerberg
1. Mark Zuckerberg
Pada 2004, Zuckerberg yang saat itu masih berada di tingkat dua memutuskan untuk keluar dari Harvard University. Dengan berani, dia pindah ke Silicon Valley untuk fokus membangun media sosial terbesar dunia, Facebook.
Situs tersebut berkembang pesat dan berhasil mengantarkan Zuckerberg sebagai salah satu miliarder terkaya di dunia. Tanpa gelar sarjana, pendiri Facebook ini berhasil memiliki uang miliaran dolar.
Evan Williams
2. Evan Williams
Merasa waktu belajar di perguruan tinggi hanya buang-buang waktu, Evan Williams memutuskan untuk keluar dari University of Nebraaska. Dia lalu bergabung mendirikan Blogger yang kini telah diakuisisi Google.
Williams menghabiskan waktu satu setengah tahun sebelum akhirnya memutuskan berhenti kuliah. Dia lantas meninggalkan Google dan mendirikan perusahaan sendiri, Odeo.
Kini Williams menjabat sebagai CEO Odeo dan meraup pendapatan tinggi dari perusahaan tersebut.
Matt Mullenweg
3. Matt Mullenweg
Pendiri WordPress Matt Mullenweg keluar dari University of Houston pada 2004. Uniknya, saat berhenti kuliah dia merasa tidak ada masalah dengan seluruh studinya di sana.
Di usia 20 tahun, dia telah mengembangkan situs WordPress dan dibanjiri tawaran pekerjaan dari sejumlah perusahaan teknologi dunia. Tapi kemudian dia berhenti bekerja dan bergabung dengan Automattic, perusahaan di balik WordPress.
Kini situs tersebut mendapatkan 140 juta kunjungan per tahun. Sementara situs-situs Automatic dikunjungi sekitar 500 juta pengunjung setiap tahun.
Arash Ferdowsi
4. Arash Ferdowsi
Pendiri DropBox, Ferdowsi keluar dari Massachusetts Institute of Technology pada 2007 stelah tiga tahun menuntut ilmu di sana. Dia berhenti kuliah untuk fokus mendirikan DropBox yang kini bernilai US$ 4 miliar.
Perusahaan tersebut berjembang pesat dan telah digunakan ratusan juta orang. Ferdowsi berhasil menjadi miliarder di usia 27 tahun.
David Karp
5. David Karp
Tak lagi berpikir soal kuliah, David Karp memutuskan untuk keluar dari sekolah menengah tempatnya menuntut ilmu. Pada 16 tahun, dia memang telah menjadi manajer produk di UrbanBany, forum internet untuk orangtua.
Dia lantas keluar dari Bronx Science pada awal 2001 untuk home schooling dan tak pernah merasakan duduk di bangku kuliah. Dari sana, dia mulai belajar membangun Tumblr.
Perusahaan tersebut benar-benar mencuri fokusnya. Tak heran, kini Karp berhasil menjadi miliarder di usia yang masih cukup muda. (Sis/Ndw)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s